Cara membuat Generator Gas HHO

Penggunaan BBM makin hari makin bertambah seiring dengan terus bertambahnya volume kendaraan turut menyumbang emisi karbon dan juga menguras kantong hanya untuk membeli seliter minyak untuk dijadikan karbon yang merusak lingkungan. Kini kita perlu sebuah penghematan guna mengurangi penggunaan bahan bakar minyak fosil yang terus menghasilkan karbon oleh Karena itu kenapa tidak kita menggunakan air untuk kendaraan bermotor yang terbukti oleh Poempida Hidayatullah dan Futung Mustari, yang melakukan uji coba pada 30 jenis kendaraan menunjukkan efisiensi bahan bakar bisa sampai 40 persen atau 1 liter untuk 18 kilometer. Lies Wisodjodharmo Program Manager Kegiatan Pengembangan Teknologi Fuelcell BPPT mengatakan bahwa timnya‚ juga telah mengaplikasikan Hidrogen ini pada motor dengan kapasitas 500 watt. 

Hasil dari tes didapatkan bahwa 1 liter gas hidrogen dapat menempuh perjalanan sejauh 1 km. Bila dibandingkan dengan motor yang berbahan bakar biasa, penggunaan hidrogen ini jauh lebih efisien dari segi biaya per kilo yang dikeluarkan. 

Bagaimana Cara membuat Generator Gas HHO ?

Bahan:

1. 6 buah lempeng stainless steel
2. Aki mobil
3. Kotak yang bisa ditutup rapat dan tidak bocor/berlubang. Terbuat dari plastik, akrilik, kaca, dll.
4. Tabung
5. Kabel
6. Cairan elektrolit
7. Air
8. Selang
9. Penguhubung selang

Cara membuatnya:



.
Cairan Elektrolit:

Untuk generator HHO ini, cairan elelktrolit dapat dibuat dengan cara:
1. Air yang dicampur garam.
2. Air dicampur sedikit bakingsoda.

Pemanfaatan:

1. Gas HHO jika ditampung dalam balon, setelah penuh balon dihubungkan ke selang kompor gas, maka dapat digunakan untuk memasak. Hati-hati karena gas HHO mudah meledak. Balon atau selangnya jangan terkena api.
2. Dapat digunakan untuk bahan bakar motor. Hanya perlu seorang ahli untuk merubah mesin motor dari tenaga bensin ke gas HHO. Jangan coba-coba bila tidak paham mesin.

Peringatan

Hidrogen adalah zat yang mudah terbakar. Maka hati-hati dalam mengujinya. Jika gelembung hidrogen yang keluar dari tabung berisi air disulut api, maka akan terjadi letupan.

Segala akibat negative dari percobaan yang Anda lakukan dari blog ini, diluar tanggung jawab saya.
Info ini semata untuk memberikan informasi dan pengetahuan tentang bagaimana memproduksi HHO atau Hidrogen dengan menggunakan alat yang mudah didapat.

3 komentar:

RIZAL HENDRISUFERI mengatakan...

kl pke aki motor gmn gan?

aku aja mengatakan...

saya ingin memberikan masukan kepada saudara2 yang ingin membuat kompor bahan bakar air ,
generator HHO -----selang--------stove
perlu diberikan "pemutus aliran gas"
percobaan saya di tahun 2007 mengalami ledakan dan untung tidak menelan korban jiwa ! sekali lagi kawan kawan......gas HHO sangat berbahaya dalam kapasitas besar , sebesar apa???? sebesar tabung lpg sudah cukup besar dengan tekanan atm yang saya asumsikan sebesar lpg penuh ...itu cukup meledakkan rumah anda.
diantara "sumber" dengan "api" harus terdapat PEMUTUS ALIRAN GAS !
kesimpulan hasil percobaan saya : tidak bisa diproduksi massal berhubung gas tidak mengeluarkan bau , kecepatan hidrogen di udara lebih cepat daripada kecepatan gas yang mengandung bau seperti aroma tambahan yang diberikan pada gas lpg. sebsb utama tidak bisa diproduksi massal adalah bahaya tingkat tinggi ledakan , generator yang mudah rusak, tidak efisien karena generator yang masih menggunakan larutan elektrolit berarti kerjaan tambahan untuk konsumen membeli larutan tersebut. kemadian dibutuhkan listrik untuk proses elektrolisa air.
Pandangan awam bahwa air adalah sumber energi sebenarnya salah. air belum menjadi sumber energi ketika dalam keadaan h2o (kita tak membahas energi potensial or kinetik or uap dari air) dan menjadi sumber energi ketika air dielektrolisa menjadi gas h2 dan o2. air sebenarnya hanya pembawa energi dan bukan sumber energi itu sendiri. karena untuk menjadikan air sebagai sumber energi kita masih membutuhkan energi listrik.

qosim muhammad mengatakan...

yang di dalam tbung itu air biasa apa air yg di campur garam ya.makasih

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan